Catatan Rilis GNOME 2.28

1. Perkenalan

GNOME 2.28 adalah versi terakhir dari Desktop GNOME: suatu lingkungan desktop platform berganda yang populer bagi komputer Anda. Fokus GNOME adalah kemudahan pemakaian, stabilitas, dan internasionalisasi kelas utama dan dukungan aksesibilitas. GNOME adalah Perangkat Lunak Bebas dan Sumber Terbuka dan menyediakan semua perkakas umum yang diharapkan oleh pengguna komputer pada suatu lingkungan komputasi modern, seperti email, groupware, meramban web, manajemen berkas, multimedia, dan permainan. Lebih lanjut, GNOME menyediakan platform yang luwes dan kuat bagi para pengembang perangkat lunak, baik pada desktop maupun pada aplikasi mobile.

Figure 1GNOME 2.28

Desktop GNOME dirilis setiap enam bulan dan memuat banyak fitur baru, kemajuan, perbaikan kutu, dan terjemahan. GNOME 2.28 meneruskan tradisi ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang GNOME dan kualitas yang membedakannya dengan lingkungan desktop komputer (seperti misalnya kebergunaan, aksesibilitas, internasionalisasi, dan kebebasan) kunjungi halaman Tentang GNOME di situs web kami.

Bergabunglah hari ini dan saksikan perbedaan apa yang dapat Anda buat.

GNOME 2.28 mencakup semua perbaikan yang dibuat di GNOME 2.26 dan sebelumnya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perubahan yang terjadi di GNOME 2.26 dari catatan rilisnya.

2. Jadilah Sahabat GNOME!

Selama siklus pengembangan 2.26 Yayasan GNOME juga meluncurkan program baru Sahabat GNOME. Kini pada pendukung dapat mendaftar untuk membantu Yayasan GNOME dengan sumbangan berkala. Terima kasih ke umpan balik pengguna selama siklus 2.26, program Sahabat GNOME kini mendukung kemampuan untuk memilih jumlah dolar yang diberikan per bulan.

Sahabat GNOME adalah suatu cara bagi perorangan untuk mendukung misi projek GNOME tentang penyediaan desktop yang bebas dan sumber terbuka bagi siapapun tanpa memandang kemampuan. Tanpa iklan atau upaya perengkuhan, yayasan telah menghimpun lebih dari $20.000 di tahun 2009 dari berbagai individu yang pemurah. Uang tersebut telah disumbangkan ke dana bagi hackfest, acara-acara lokal, dan program-program yang pada gilirannya memungkinkan projek GNOME untuk menciptakan perangkat lunak desktop yang diinternasionalisasi, dapat diakses, dan mudah dipakai baik bagi desktop tradisional maupun perangkat mobile.

Silahkan menuju situs web Sahabat GNOME.

3. Apa Yang Baru Bagi Para Pengguna

Fokus Projek GNOME pada pemakai dan kegunaan berlanjut di GNOME 2.28 dengan ratusan perbaikan kutu dan perbaikan yang diminta pengguna. Besarnya jumlah peningkatan membuat tak mungkin mendaftar semua perubahan dan perbaikan yang dibuat, tapi catatan ini bertujuan menggaris-bawahi beberapa fitur yang berorientasi pengguna yang lebih menarik pada rilis ini.

3.1. Menjadi Tanpa Kabel

GNOME 2.28 mencakup rilis pertama dari modul Bluetooth GNOME yang membantu pengguna mengelola perangkat Bluetooth mereka. Bluetooth GNOME mendukung ratusan perangkat Bluetooth, termasuk tetikus, papan ketik, dan headset. Bluetooth GNOME mencakup integrasi PulseAudio bagi headset dan headphone Bluetooth.

Bluetooth GNOME juga mencakup dukungan untuk akses Internet melalui telepon genggam Anda. Setelah menyepasangkan telepon genggam Anda dengan Bluetooth GNOME, Manajer Jaringan akan menyertakan suatu entri untuk menggunakan telepon genggam Anda bagi akses Internet.

Figure 2Bluetooth GNOME

3.2. Lacak Waktu Anda Secara Lebih Baik

Aplet Pelacak Waktu, yang membantu Anda mencatat tugas dan waktu Anda, mencakup beberapa perbaikan baru.

Layar Ikhtisar yang seluruhnya baru kini disertakan, yang menggabung diagram perioda dan kategori untuk menyajikan ringkasan yang lebih bersih ke pengguna. Warna juga dipakai untuk pertama kali, menjadikan lebih mudah menilik proporsi waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Pembaruan fitur lain termasuk dukungan pengkomplitan otomatis yang lebih baik yang memungkinkan Anda untuk memperbarui saat mulai sambil jalan, dukungan yang lebih baik bagi pekerja larut malam, dan kemampuan untuk menambah tugas terdahulu yang telah diselesaikan. Terakhir, fungsionalitas ekspor memiliki beberapa kemajuan, termasuk kemampuan untuk menyaring aktivitas berdasar kategori dan tanggal sebelum diekspor, dan tipe ekspor sederhana yang baru: iCal untuk diimpor ke Evolution, Kalender Google, dan klien lain, XLM, dan TSV (tab separated values, nilai-nilai yang dibatasi dengan tab), yang bekerja baik dengan spreadsheet.

Figure 3Penjejak Waktu

3.3. Pesan Instan Empathy

Aplikasi komunikasi dan pesan instan GNOME, Empathy, dibangun di atas kerangka kerja komunikasi Telepathy, telah bertambah beberapa fitur penting dan baru untuk membantu pengguna berkomunikasi.

Daftar kontak telah semakin baik dalam beberapa hal. Anda dapat menata status Anda secara langsung dengan memasukkannya sebagai teks, atau mengaturnya dari status yang sebelumnya ditata. Menata ulang kontak Anda telah dibuat semakin mudah karena menyeret dan menjatuhkan sebuah kontak akan memindahkannya, bukan menyalinnya. Menu Tilik kini disertakan, memberikan akses cepat atas pengurutan kontak, menilik kontak terputus, dan mengubah preferensi ukuran daftar kontak Anda.

Figure 4Kontak Empathy

Dialog percakapan kini mendukung sejumlah tema baru, termasuk gaya pesan Adium. "Pengguna" di daftar pengguna kini memiliki tooltip; daftar pengguna dalam ruang obrolan dapat disembunyikan; menu Kontak telah dihapus dari menu Percakapan; dan bila nama Anda disebut dalam suatu ruang obrolan atau percakapan, teks tab tersebut akan menjadi merah.

Obrolan audio dan video kini dapat dijadikan layar penuh, dan bila sebuah kontak tak memiliki video, avatar mereka akan ditayangkan. Suatu fitur redial juga telah ditambahkan, membuat lebih mudah untuk menyambung ulang.

Pengguna kini dapat berbagi desktop mereka dengan kontak Empathy memakai Penilik Desktop Jarak Jauh GNOME, Vino.

Dukungan geolocation menggunakan Geoclue telah ditambahkan bagi kontak XMPP, seperti Jabber dan Google Talk. Anda dapat melihat lokasi kontak dengan mengapungkan tetikus Anda di atas nama kontak pada daftar kontak, pada dialog informasi atau pada Tilik Peta. Empathy juga mendukung mode ketelitian yang dikurangi bagi pengguna yang mengharapkan privasi tambahan. Pengguna Google Talk dapat melihat lokasi kontak, tapi tidak dapat mempublikasikan lokasi mereka karena Google tidak memakai PEP.

Empathy juga mencakup dokumentasi baru yang dipusatkan untuk membantu pengguna belajar bagaimana melaksanakan tugas spesifik dalam Empathy.

3.4. Peramban Web Epiphany

Peramban Web GNOME, Epiphany, telah berpindah ke Webkit dari Gecko untuk mesin rendernya. Selain dari beberapa peningkatan kinerja, perubahan ini mestinya tak terasa. Dalam jangka panjang, peralihan ke WebKit akan mempunyai keuntungan signifikan bagi para pengguna Epiphany. Beralih ke WebKit juga memperbaiki sejumlah kutu lama di Epiphany karena backend lama berbasis Gecko. Anda dianjurkan untuk mencoba versi baru ini untuk memastikan apakah masalah lama Anda telah dipecahkan.

Satu kutu yang mungkin dialami pengguna di Epiphany karena perubahan ke Webkit, adalah tidak bisa menyimpan akun dan kata sandi dalam form. Kutu ini akan diperbaiki dalam siklus pengembangan 2.30.

3.5. Perbaikan Pemutar Media

Memainkan DVD di Pemutar Media GNOME telah diperbaiki dengan kemampuan navigasi menu DVD dan melanjutkan pemutaran dari posisi terakhir. Plugin YouTube juga mengalami peningkatan kecepatan.

3.6. Senyumlah untuk Kamera

Cheese, suatu aplikasi video dan foto webcam, mengalami sejumlah perbaikan. Antar muka Cheese diperbarui, dan telah menambahkan mode "Burst" untuk mengambil gambar berganda pada suatu saat. Anda dapat memilih cacah gambar yang mesti diambil Cheese dan waktu tunda antar gambar. Cheese juga mendukung kemampuan mengambil gambar secara manual memakai tombol "Ambil" webcam.

Antar muka Cheese juga telah dioptimasi untuk layar yang lebih kecil, seperti di netbook, dengan memindah batang gambar kecil ke kanan. Cuplikan layar di bawah menampilkan Cheese dalam mode lebar barunya yang dioptimasi bagi Netbook memakai mode Burst.

Figure 5Mode Lebar bagi Netbook

Untuk mempelajari Cheese lebih lanjut, ikuti tur!

3.7. Buat Catatan Pada PDF Anda

Penilik dokumen Evincen> telah menambah kemampuan menyunting dan menyimpan teks catatan komentar yang memiliki jendela popup terkait. Evince kini juga mengembalikan dokumen yang sedang ditilik setelah crash.

Evince juga telah diport ke dan tersedia bagi platform Microsoft Windows®.

3.8. Fade In dan Out

Kendali Volume GNOME telah menambah kemampuan bagi Anda untuk mengendalikan subwoofer dan fade kanal. Hal baru juga adalah ketikan tatanan diubah, perubahan kini diterapkan seketika.

Figure 6Dukungan Fade dan Subwoofer

3.9. Tapi Tunggu, Ada Lagi...

Selain perubahan besar, ada juga berbagai tambahan kecil dan tweak yang terjadi di setiap rilis GNOME.

  • Tombol dan menu GNOME telah distandarkan pada semua aplikasi untuk tidak menayangkan ikon secara baku. Item menu dengan objek dinamik, termasuk aplikasi, berkas, atau penanda, dan perangkat adalah perkecualian dan dapat menayangkan suatu ikon. Perubahan ini akan menstandarkan 'look and feel' dari menu dan menyajikan antar muka yang lebih bersih ke pengguna.
  • Catatan Tomboy telah memindahkan lokasi catatan tersimpan dan berkas konfigurasi agar sesuai dengan spesifikasi Freedesktop.org.
  • Manajer Daya GNOME kini memiliki dukungan bagi laptop dengan baterai berganda dan telah menambahkan dukungan spindown cakram bagi cakram DeviceKit.
  • Backend mencetak lpr dan berkas GTK+ mendukung pencetakan halaman berganda per lembar.
  • Gedit telah di-port ke Mac OS® X.
  • Perenderan teks telah diperbaiki di Pango memakai mesin OpenType baru, yang menggunakan lebih sedikit memori dan dukungan lebih baik bagi fonta rusak.
  • Karena perbaikan di VTE, para pengguna Terminal GNOME akan mengamati lebih sedikit memori dipakai.
  • Brasero, Pembakar CD/DVD GNOME, kini mendukung kemampuan membakar data ke dalam beberapa cakram dan telah menambahkan tampilan grafis untuk menunjukkan ruang yang dipakai pada cakram sebelum membakar.

4. Apa Yang Baru Di Aksesibilitas

GNOME memiliki keinginan medalam untuk membuat perangkat lunak tersedia bagi siapapun, termasuk pengguna dan pengembang dengan ketidaksempurnaan fisik yang mempersulit mereka memakai komputer. Untuk membantu, GNOME menciptakan Projek Aksesibilitas GNOME dan rangka kerja aksesibilitas yang kini suatu standar pada desktop libre.

GNOME 2.28 meneruskan membangun di atas kredensial aksesibilitas sebelumnya dengan beberapa perbaikan.

4.1. Pembaca Layar Orca

Pembaca layar Orca telah mendapat garapan signifikan untuk mengurangi kutu program dan memperbaiki kinerja, dengan lebih dari 140 kutu telah diperbaiki bagi GNOME 2.28. Beberapa dari perbaikan termasuk:

  • dukungan baru bagi "tingkat rincian" batang kemajuan yang berbeda yang memungkinkan Anda mengendalikan apakah pembaruan batang kemajuan mesti diucapkan bahkan ketika batang kemajuan bukan pada jendela aktif
  • kemampuan untuk memindah tetikus tanpa melakukan klik
  • dukungan bagi mouseover, termasuk kemampuan berinteraksi dengan item yang ditayangkan di mouseover
  • penyajian kata yang salah eja ketika menyunting teks
  • penjangkit Braille dan pidato yang ditulis ulang secara lengkap, kini dengan kemampuan untuk memainkan suara dalam penjangkit pidato

4.2. Dukungan Aksesibilitas WebKit

Upaya signifikan telah dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas WebKit, khususnya penambahan navitasi caret dan implementasi awal dari antar muka teks aksesibel Atk. Begitu antar muka teks aksesibel telah diimplementasikan secara penuh, pengguna dapat mengakses isi tanpa memakai tetikus dan memperoleh penyajian dalam bentuk pidato dan/atau braille melalui pembaca layar Orca.

5. Apa Yang Baru Bagi Para Pengembang

Perubahan berikut penting bagi para pengembang yang memakai platform pengembang GNOME 2.28. Bila Anda tidak berminat pada perubahan bagi para pengembang, Anda dapat melewatkannya ke Seksi 6 ― Internasionalisasi.

Seperti juga Desktop GNOME, GNOME 2.28 adalah rilis terakhir dari Platform Pengembang GNOME, suatu kumpulan pustaka stabil API dan ABI yang tersedia di bawah LGPL GNU yang dapat dipakai untuk pengembangan aplikasi lintas-platform.

Perbaiki Penggunaan Pustaka yang Tak Berlaku Lagi

Dimulai dari GNOME 3.0, berbagai bagian GNOME yang tak berlaku lagi akan dihapus. Komponen usang ini meliputi pustaka seperti libart_lgpl, libbonobo, libbonoboui, libglade, libgnome, libgnomecanvas, libgnomeprint, libgnomeprintui, libgnomeui, dan libgnomevfs. Bagi aplikasi yang dikemas sebagai bagian dari Desktop GNOME, sejumlah pembersihan telah dilaksanakan untuk memastikan bahwa tidak ada kode usang yang dipakai. Ini akan memastikan transisi mulus ke GNOME 3.0

Para pengemban sangat disarankan untuk juga mengikuti contoh ini pada aplikasi milik mereka. Lebih jauh, bagi para pengembang (atau para calon pengembang) yang ingin membantu kami, halaman wiki sasaran-sasaran GNOME mendaftar berbagai tugas yang belum diselesaikan. Ringkasan status terbaru yang dibuat otomatis tentang pekerjaan tersisa bagi modul-modul yang didukung oleh perkakas bangun jhbuild dapat ditemukan di sini.

5.1. Pembersihan Platform

Upaya besar telah dilakukan untuk menghapus modul-modul dan fungsionalitas yang tak berlaku lagi untuk menuju ke GNOME 3.0.

Pada GNOME 2.28, tidak ada lagi aplikasi yang bergantung kepada esound, libgnomevfs, libgnomeprint, atau libgnomeprintui.

Perbaikan Platform GNOME lain di GNOME 2.28 termasuk:

  • Ketergantungan atas libart_lgpg dihapus dari dua modul (eog dan gtkhtml).
  • Ketergantungan atas libbonobo(ui) dihapus dari lima modul (gnome-control-center, gcalctool, gnome-media, gtkhtml, dan accerciser).
  • Ketergantungan atas libglade dihapus dari 28 modul (accerciser, alacarte, gnome-control-center, dasher, empathy, gcalctool, gnome-games, gnome-netstatus, gnome-nettool, gnome-mag, gnome-menus, gnome-panel, gnome-power-manager, gnome-screensaver, gnome-session, gnome-settings-daemon, gnome-system-tools, gnome-utils, gtkhtml, hamster-applet, libgnomekbd, orca, pessulus, seahorse, vino, vinagre, yelp, dan zenity).
  • Ketergantungan atas libgnome dihapus dari 14 modul (anjuta, gnome-control-center, dasher, evolution-webcal, gconf, gdl, gdm, gnome-desktop, gnome-media, gnome-system-tools, gok, gtkhtml, vino, dan yelp).
  • Ketergantungan atas libgnomecanvas dihapus dari tiga modul (anjuta, gtkhtml, dan zenity).
  • Ketergantungan atas libgnomeprint(ui) dihapus dari satu modul (gnome-games).
  • Ketergantungan atas libgnomeui dihapus dari 16 modul (anjuta, gnome-control-center, dasher, deskbar-applet, gnome-mag, gnome-media, gnome-settings-daemon, gnome-system-tools, gnome-utils, gok, gtkhtml, hamster-applet, nautilus, orca, vino, dan yelp).
  • Ketergantungan atas libgnomevfs dihapus dari tiga modul (dasher, gnome-mag, dan gnome-utils).
  • Banyak modul kini memberikan luaran bangun yang lebih manis dan bersih ketika mengkompail mereka dengan memakai AM_SILENT_RULES atau Shave. Untuk informasi lebih lihat http://live.gnome.org/GnomeGoals/NicerBuilds.
  • Beberapa modul mulai memakai GIntrospection -- lihat http://live.gnome.org/GnomeGoals/AddGObjectIntrospectionSupport untuk rinciannya.

Banyak aplikasi juga telah menghapus penggunaan simbol-simbol GTK+ dan GLib yang telah tak dipakai dan telah menerapkan kebijakan baru hanya untuk menyertakan header tingkat puncak dari GTK+ dan GLib.

5.2. GTK+ 2.18

GTK+ 2.18 adalah rilis terakhir dari toolkit GTK+, yang menjadi jantung dari GNOME. GTK+ 2.18 mencakup fitur-fitur baru bagi para pengembang, dan juga perbaikan bug yang ekstensif, dan pembersihan bagi GTK+ 3.0 mendatang.

Pemilih berkas mendapat beberapa perbaikan. Dia kini ingat kondisi pengurutan dan memiliki nilai-nilai baku yang lebih baik, seperti misalnya menyembunyikan berkas cadangan dan menampilkan kolom Ukuran. Dia juga memiliki pengelipsan yang lebih baik di batang path.

GTK+ juga mengalami sejumlah lain peningkatan, termasuk:

  • Widget GtkEntry sekarang juga dapat dipakai untuk menayangkan progress bar.
  • GtkEntry memiliki pemisahan model-view.
  • GtkLabel dapat menunjukkan URL embedded.
  • Pencetakan mendukung pencetakan suatu pilihan.
  • Kendali penataan halaman dapat ditempelkan pada dialog cetak.
  • Ikon status memiliki properti judul, bagi aksesibilitas yang lebih baik.
  • Widget baru, GtkInfoBar, telah ditambahkan untuk menayangkan pesan di jendela utama alih-alih dalam suatu dialog.
  • GTK dapat dikompail dengan versi automake modern (automake 1.7 tidak diperlukan lagi) dan pada mode senyap dengan perintah "make V=0".

5.3. GLib

GNIO telah disatukan ke GIO, dan API sekarang disertakan untuk bekerja dengan alamat IPv4 dan IPv6, resolve nama host, lookup reverse IP, I/O soket aras-rendah, dan bekerja dengan layanan dan sambungan jaringan.

GArray, GMappedFile dan GTree kini dicacah pengacunya.

Loop utama mendukung konteks baku per-thread.

Dukungan telah ditambahkan bagi akses baca-tulis dengan GIOStream dan sub kelasnya.

GLib kini juga mencakup dukungan bagi metadata per-berkas.

5.4. Dokumentasi GNOME

Dukungan bagi Mallard, bahasa XML Dokumentasi GNOME yang baru, telah ditambahkan ke Yelp dan gnome-doc-utils.

Bagi para penulis dokumentasi, Mallard adalah bahasa markup XML berfitur lengkap yang dirancang secara eksplisit bagi bantuan berorientasi topik, dengan kurva pembelajaran lebih mudah daripada Docbook.

Bantuan Empathy adalah dokumentasi GNOME pertama yang akan ditulis dalam Mallard, dan juga dokumentasi pertama yang berpindah ke lisensi Creative Commons Share-Alike 3.0, yang akan menjadi sasaran perpindahan semua dokumentasi GNOME di masa depan.

5.5. Bluetooth GNOME

Dukungan plugin telah ditambahkan dan tersedia selama penataan perangkat, menambah dukungan ke aplikasi GNOME untuk menggunakan perangkat Bluetooth.

Widget pemilihan perangkat Bluetooth yang modern, termasuk sebuah tombol dan pemilih, telah ditambahkan.

5.6. Peramban Web Epiphany

Dengan perubahan Epiphany ke Webkit, sejumlah perbaikan tersedia bagi para pengembang di Epiphany.

WebKitGTK+ mencakup pemrosesan javascript luar biasa cepat, ukuran yang lebih kecil, API GObject, dan pemeriksa web bawaan. Epiphany juga termasuk dukungan baru bagi ekstensi (JavaScript) Seed, dan dengan tambahan ini dukungan Python telah dihapus.

Epiphany juga memakai libsoup untuk implementasi HTTPnya, dan proksi kini bekerja dengan cara yang sama di seluruh GNOME. Fitur yang kurang di libsoup termasuk cache HTTP dan pengkodean isi.

Terakhir, menu konteks di tilik web belum digubah bagi Epiphany, walaupun tilikan WebKit baku dipakai.

5.7. Aplet Pelacak Waktu

Semua fungsi kini tersedia melalui API D-Bus yang dapat di-introspect.

5.8. Media-GNOME

GNOME-Media telah menghapus dukungan bagi vumeter, CDDB, dan GNOME-CD.

5.9. Totem

Backend xine-lib telah dihapus dari Totem, dan API pengurai asinkron ditambahkan.

5.10. Vinagre

Vinagre, Penilik Desktop Jarak Jauh GNOME, menambahkan suatu sistem plugin baru. Dukungan bagi protokol-protokol baru kini diwujudkan hanya dengan menulis suatu plugin bagi Vinagre. Plugin baru bagi Vinagre termasuk VNC dan SSH.

5.11. Brasero

Brasero telah memisah pustaka dan utilitasnya ke dalam libbrasero-burn dan libbrasero-utils.

6. Internasionalisasi

Terima kasih ke anggota Projek Penerjemahan GNOME di seluruh dunia, GNOME 2.28 menawarkan dukungan bagi 50 bahasa yang paling tidak 80 persen kalimatnya telah diterjemahkan, termasuk manual bagi pengguna dan administrasi bagi banyak bahasa.

Bahasa yang didukung:

  • Arab
  • Assam
  • Basque
  • Belanda
  • Bengali
  • Bengali (India)
  • Bokmål Norwegia
  • Bulgaria
  • Catalan
  • Ceko
  • China
  • China (Hong Kong)
  • China (Taiwan)
  • Denmark
  • Estonia
  • Finlandia
  • Galisia
  • Gujarat
  • Hindi
  • Hungaria
  • Inggris (Amerika, Britania, Kanada)
  • Itali
  • Jepang
  • Jerman
  • Kannada
  • Katalan (Valencia)
  • Korea
  • Lithuania
  • Makedonia
  • Malayalam
  • Marathi
  • Nynorsk Norwegia
  • Oriya
  • Perancis
  • Polandia
  • Portugis
  • Portugis Brazil
  • Punjab
  • Rumania
  • Rusia
  • Serbia
  • Slovenia
  • Spanyol
  • Swedia
  • Tamil
  • Telugu
  • Thailand
  • Turki
  • Ukrania
  • Vietnam
  • Yahudi
  • Yunani

Banyak bahasa lain didukung sebagian, dengan lebih dari separo kalimat telah diterjemahkan.

Menerjemahkan suatu paket perangkat lunak sebesar GNOME ke suatu bahasa baru bisa menjadi tugas yang sangat besar bahkan bagi tim penerjemah yang paling berdedikasi. Untuk rilis ini tim Bengali telah melakukan usaha luar biasa, meningkatkan kelengkapan terjemahan mereka lebih dari 25 poin, melewati angka 80% dengan 83% antar muka pengguna telah diterjemahkan. Selamat juga bagi tim Welsh, Breton, dan Serbia yang masing-masing telah meningkatkan status terjemahan 10 poin atau lebih.

Statistik terinci dan informasi lain tersedia pada situs status terjemahan GNOME.

7. Memasang GNOME

Anda dapat mencoba GNOME 2.28 dengan LiveCD, yang memuat semua perangkat lunak yang disertakan di GNOME 2.28 pada satu cakram. Anda dapat memulai komputer Anda langsung dari LiveCD tanpa harus memasang apapun. LiveCD dapat diunduh dari situs BitTorrent GNOME.

Untuk memasang atau meningkatkan mesin Anda ke GNOME 2.28, kami sarankan Anda memasang paket resmi dari vendor atau distribusi Anda. Distribusi populer akan membuat GNOME 2.28 tersedia segera, dan beberapa telah menyediakan versi pengembangan dengan GNOME 2.28. Anda dapa memperoleh daftar distribusi yang memaketkan GNOME dan menemukan versi terakhir yang mereka paketkan pada halaman Dapatkan Footware kami.

Bila Anda berani dan sabar, dan ingin membangun GNOME dari sumber, kami sarankan Anda memakai JHBuild, yang dirancang untuk membangun GNOME terbaru dari Git. Anda dapat menggunakan JHBuild untuk membangun GNOME 2.28.x dengan memakai moduleset gnome-2.28.

Meskipun mungkin membangun GNOME langsung dari tarball rilis, kami sangat menganjurkan pemakaian JHBuild.

8. Menantikan GNOME 2.30

Pengembangan tidak berhenti pada GNOME 2.28. Pekerjaan atas GNOME 2.30 telah dimulai, dijadwalkan untuk dirilis tepat enam bulan setelah 2.28.

Keputusan akhir apakah GNOME 2.30 (untuk dirilis pada Maret 2010) atau GNOME 2.32 (dijadwalkan untuk September 2010) akan menjadi GNOME 3.0 akan dibuat di awal November 2009. Keputusan ini akan didasarkan pada kemajuan dari aplikasi dan pustaka GNOME baru dan kini dan pengaruh mereka pada aksesibilitas, stabilitas, dan kegunaan.

GNOME 2.30 akan terus menyediakan aplikasi dan platform yang selalu dimilikinya, dan juga mungkin akan menyajikan antarmuka pengguna baru dalam Shell GNOME dan Jurnal Aktivitas GNOME yang akan dengan mudah membantu Anda menjelajah dan menemukan berkas pada komputer Anda. Bagi para pengembang, GNOME 2.30 tidak akan memakai lagi beberapa pustaka lama.

Pratilik dari Shell GNOME tersedia di 2.28 dan dapat diunduh. Shell GNOME memiliki fitur berupa antarmuka pengguna baru yang inovatif memakai kekuatan desktop komposit. Shell GNOME memudahkan menambah area kerja tambahan, memulai aplikasi yang sering dipakai, dan mengakses berkas dan dokumen yang sering dipakai.

Figure 7Shell GNOME

Jurnal Aktivitas GNOME adalah perkakas untuk menjelajah dan menemukan berkas pada komputer Anda secara mudah. Ia menyimpan jurnal kronologis dari semua aktivitas berkas dan mendukung tag dan menjalin hubungan antar kelompok berkas. Jurnal Aktivitas GNOME adalah antarmuka grafis pengguna untuk Zeitgeist, mesin yang melacak semua aktivitas di desktop dengan dukungan tag dan penanda-bukuan.

Tomboy Online juga dijadwalkan bagi GNOME 2.30 dan akan memungkinkan pengguna menyelaraskan dan mengakses Catatan Tomboy mereka lewat web.

Roadmap GNOME merinci rencana para pengembang untuk siklus rilis berikutnya, skedul rilis GNOME 2.30 dirilis lebih awal tahun ini dantersedia di wiki GNOME.

9. Kredit

Catatan rilis ini disusun oleh Paul Cutler dengan bantuan ekstensif dari komunitas GNOME. Penerjemahan ke bahasa Indonesia dilakukan oleh Andika Triwidada. Mewakili komunitas, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pengembang dan penyumbang yang membuat rilis GONE ini mungkin.

Karya ini bebas diterjemahkan ke sebarang bahasa. Bila Anda ingin menterjemahkannya ke bahasa Anda, silahkan kontak Projek Penerjemahan GNOME.